Previous
Next
SI-KECIL-DAN-BINATANG-PELIHARAAN

SI KECIL DAN BINATANG PELIHARAAN

Ketika si kecil mulai ingin memiliki binatang peliharaan, bagaimana harusnya oangtua bersikap? Banyak orangtua yang menganggap hadirnya binatang peliharaan akan menambah kerepotan di rumah, kalaupun ada yang bersikap permisif, maka akhirnya akan memilih “binatang yang gampang aja deh, paling sebentar juga udah bosen atau udah mati”

Memelihara binatang memiliki manfaat menumbuhkan empati dan sifat kasih sayang dalam diri anak, terhadap mahluk lain di luar dirinya sendiri. Orangtua dapat mengajarkan konsep menyayangi, dengan sentuhan, belaian, kalimat-kalimat yang baik, dan interaksi langsung.

Latih kalimat-kalimat sederhana untuk menggambarkan rasa sayang, misalnya sambil mengelus elus binatang peliharaan “Kakak, lihat nih si kucing manis kalau aku elus-elus, dia malah mendekat dan manja-manja sama bunda, wah berarti dia tau ya kalau bunda sayang sama si kucing manis”. Ajak anak untuk melakukan hal yang sama, perlahan-lahan sesuai keberanian.

Beri tanggung jawab masing-masing anggota keluarga terhadap binatang peliharaan, ingatkan bahwa setiap orang memiliki kewajiban yang berbeda. Misalnya anak bisa diberi tanggung jawab untuk mengisi tempat minum dan makanan, sementara bunda bertanggung jawab terhadap kebersihan kandang, ayah harus mengajak Gukguk jalan-jalan setiap hari Sabtu dan Minggu. Pastikan setiap anggota keluarga saling membantu dan mengingatkan, agar kehadiran binatang peliharaan tetap membuat suasana rumah nyaman dan menyenangkan

Ada penelitian yang mengatakan bahwa keluarga yang memiliki bintang peliharaan secara konsisten dalam jangka waktu tertentu, memiliki rasa percaya diri dan empati yang tinggi. Hewan adalah mahluk hidup yang dapat memberikan dan menerima rasa cinta dari manusia secara timbal balik. Menjadikan mereka sebagai bagian dari keluarga tentu akan memberikan banyak pengalaman baru

Nah, sudah siap memilih binatang peliharaan yang sesuai kebutuhan? Nanti sharing ke kami ya

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print