Previous
Next
Siasati-Camilan-Sehat-Untuk-Si-Kecil-1200x675

Siasati Camilan Sehat Untuk Si Kecil

Keripik singkong? Kerupuk udang? Rengginang? Dodol? Kelenting? Nasi padang pake kuah tunjang dan rendang? *eh* *brb* *pesan ojek online* hehehehe…menggiurkan ya? Iya ini yang biasanya kita jadikan camilan (eh, kecuali nasi padang ya..)

Enak sih memang kriuk-kriuk sambil duduk santai di sofa nonton tv. Tapi, resikonya tentu saja banyak. Selain bikin tumpukan lemak di pinggang jadi lebih banyak, tentu saja berbahaya untuk kesehatan kalau dikonsumsi dalam jumlah besar. Lalu apalagi kalau ngemilnya bareng sama si kecil. Yah, bahayanya jadi dikali dua.

Memberikan camilan sehat kepada si kecil kadang menyulitkan sebagian orang tua. Problemnya, si kecil lebih menyukai camilan manis yang justru berpotensi menimbulkan resiko obesitas dan diabetes, atau camilan gurih yang tak seimbang kandungan garam dan lemaknya. *lalu Ngaca*

Meski sifatnya hanya makanan pendamping, camilan anak yang dianjurkan tentu harus mengandung  nutrisi dan gizi yang seimbang. WHO merekomendasikan, asupan gula tambahan pada anak usia 1-3 tahun tidak melebihi 10% dari total energi /hari atau 4-5 sendok teh dan 5-8 sendok teh untuk anak 3 tahun ke atas.

Tentu saja semua berawal dari kebiasaan orang tua di rumah ya. Kalau ayah dan bunda terbiasa menikmati camilan seperti itu, tentu saja anak-anak ngikut dong. Karena itu, kami yang sudah biasa menyajikan makanan untuk bayi dan balita di Healthy Roots, punya tips camilan yang enak dan sehat.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatian dalam menyajikan camilan sehat untuk anak:

1) Pilihlah Bahan Makanan yang Berkualitas

Pastikan bahan makanan yang alami dan tak mengandung bahan pengawet, seperti kacang-kacangan, produk olahan susu dan buah/sayuran. Kacang-kacangan baik untuk anak karena mengandung protein, lemak baik, dan berbagai macam mineral yang penting untuk mendukung pertumbuhan anak. mari ganti keripik singkong dengan edamame kukus!

2) Ganti Jajanan dengan Camilan Home Made

Es krim salah satu camilan yang mungkin tak pernah ditolak anak-anak. Anda bisa mengganti es krim dengan camilan seperti es buah. Cara membuatnya pun mudah, blender buah. Bisa pakai 1 jenis buah atau mix beberapa jenis buah, lalu tuang kedalam cetakan es yang ada tangkainya (ini banyak kok dijual dimana-mana). Kemudian, simpan ke dalam freezer hingga beku.  Camilan ini bisa membuat anak kenyang lebih lama tapi tetap enak dan sehat dong tentunya.

3) Sajikan Camilan secara Kreatif dan Unik

Anak menolak camilan rumahan bisa jadi karena disajikan secara monoton dan mereka bosan untuk mengkonsumsinya. Maka, cobalah untuk menggunakan sisi kreatifitas anda dalam mengolah makanan untuk anak-anak. Misalnya, dengan cetakan bentuk membuat nugget ayam buatan sendiri. atau ajak anak menikmati bakso bakar, buatan sendiri juga, tusuk-tusuk dengan tusukan sate dan hangat-hangat dinikmati Bersama.

4) Siasati Pemilihan Bahan Makanan yang Tak Disukai Anak

Si kecil menolak makan sayur dan buah-buahan? Itu sudah biasa. Anda bisa mulai mengkreasikan penyajian dua bahan makanan itu dengan mencampurkan ke dalam camilan favorit si kecil. Misalnya, tambahkan bayam dalam pizza buatan anda untuk si kecil, atau membuat puding buah.

Memang sih jadi harus bikin sendiri, tapi tenang, kami di healthy roots biasa bikin frozen food juga lho. misalnya membuat risol isi sayur dan ayam. Tanpa digoreng, letakkan dalam kotak kedap udara dan simpan di freezer. Kalau ingin dimakan, tinggal dipanaskan.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print