Previous
Next
Sudah-adil-kah-kita-sebagai-orang-tua-1200x811

Sudah adil-kah kita sebagai orang tua?

Memiliki anak lebih dari satu, sudah pasti memiliki pengalaman tumbuh kembang yang berbeda-beda. Sebab tidak akan ada anak yang sama persis satu sama lain. Menanggapi perbedaan sifat, sikap, dan usia setiap anak, semua orang tua pasti tetap berusaha untuk adil, sesuai porsi setiap anak. namun kadang anak menanggapinya berbeda.

Sebab di mata anak kerap kali; adil artinya sama. Bener gak? Padahal kan enggak mungkin meletakkan porsi makan yang sama di piring si 7 tahun dengan si 2 tahun, betul?  

Adil adalah sesuai kebutuhan usia, bukan sama rata

Menanggapi hal ini, Psikolog anak Devi Sani M.Psi dari klinik Rainbow Castle mengutip quote yang amat sesuai dari buku Sibling Without Rivalry, tulisan Adele Faber dan Elaine Mazlish. Yakni “How Futile it was to ever try to make things equal. The children could never get enough and as a mother, I could never give enough.”

Karena itu, menurut Devi, yang harus ditekankan adalah kembali pada usia anak. karena beda usia beda pula tahap perkembangannya, bukan? Adil adalah memberikan sesuai dengan kebutuhan, bukan menyamaratakan betul-betul sama.

“Kita akan sangat kelelahan jika terus menerus berusaha menyamakan anak kita. Mereka ada beberapa individu unik dengan kebutuhan yang berbeda,” ujar Devi. Oleh karenanya, tambah Devi, daripada memikirkan bagaimana agar mereka sama, lebih baik mengubah pemikiran kita menjadi bagaimana memberi sesuai dengan kebutuhan mereka.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print