Previous
Next
Tabel-Kecukupan-Asi-01-768x544

Tabel Kecukupan ASI

Banyak mitos yang mengatakan bahwa cukup atau tidaknya ASI pada bayi, terutama di 3 bulan pertama tidak bisa diukur. Padahal, tidak. Menurut AIMI-ASI, memang tidak ada cara mudah mengukur kecukupan ASI. Bahkan ASI yang didapat ketika pumping pun tidak sama dengan yang dikonsumsi langsung.

Beberapa cara yang bisa dilakukan, adalah: Pastikan bahwa posisi badan bayi pada saat sedang menyusu, serta pelekatan mulut bayi pada payudara ibu telah benar sehingga bayi dapat MINUM ASI dan bukan hanya ngempeng.

Selain itu, Bayi BAK minimal 5-6 kali dalam sehari, dan selesai sendiri menyusunya dengan cara melepaskan sendiri dari payudara ibu. Bayi tampak, tenang, kenyang dan tidak rewel ketika selesai menyusu, dan setiap bulan ada kenaikan BB bayi yang wajar.

Nah, cara paling enak yang bisa dilakukan bunda (bisa juga dengan bantuan ayah dong) adalah bayi mengenakan popok kain biasa ketika dirumah, dan mencontreng tabel kecukupan ASI. Apa sih tabel ini? Berikut adalah tabel yang kami buat dan printable lho, buat ayah dan bunda. Didalamnya ada kolom pengecekan BAB, BAK dan menyusui. Jadi ketahuan kan, bayi buang air berapa kali dalam sehari.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print