Previous
Next
TIPS-GIZI-YANG-TEPAT-UNTUK-DAYA-TAHAN-TUBUH-BALITA

TIPS GIZI YANG TEPAT UNTUK DAYA TAHAN TUBUH BALITA

Dengan semakin banyaknya kegiatan balita, maka semakin beragam pula ancaman penyakit yang mungkin akan menerpanya.

Udara di luar akan membuatnya lebih mudah terserang pilek atau debu membuatnya flu dan batuk. Berikut adalah tips gizi tepat yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh balita. Ibu tak perlu cemas soal daya tahan tubuh si Kecil, selama kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan baik. Apa saja yang diperlukan untuk mendukung daya tahan tubuh mereka?

Lemak

Diperlukan sebagai penyimpanan terbesar sumber energi tubuh. Otak yang sedang tumbuh juga memerlukan lemak yang tepat dan benar. Otak menggunakan 60% dari total energi yang dikonsumsi bayi, dan 60% dari otak adalah lemak. Contoh lemak baik itu terdapat pada buah alpukat.

Karbohidrat

Sangat dibutuhkan sebagai salah satu sumber energi. Ibu harus memilih karbohidrat yang berasal dari zat tepung (gula) yang baik. Sumber gula yang baik adalah ASI, apel, buncis dan kacang polong, produk olahan berbahan susu, buah segar, pasta, kentang, kacang kedelai, kentang, sayuran, dan biji-bijian.

Protein

Protein adalah makanan untuk tumbuh, ini berperan pada pertumbuhan serta memperbaiki dan mengganti jaringan. Selama tahun pertama, kebutuhan protein si Kecil dapat dipenuhi oleh ASI

Sumber-sumber protein yang dapat diperoleh si Kecil adalah melalui makanan laut, seperti ikan salmon, dan produk olahan berbahan susu yaitu keju dan yogurt, polong-polongan seperti kacang kedelai, tahu dan buncis, daging sapi dan unggas, telur, mentega kacang, dan padi-padian.

Serat

Merupakan bagian yang tidak dapat dicerna dalam tepung dan buah-buahan, ini merupakan pencahar alami yang membantu pembuangan produk sisa makanan dari usus.

Makanan garing dan kenyal seperti padi-padian dan polong-polongan adalah contoh serat yang baik, dan lainnya seperti buah-buahan dan sayuran.

 

Vitamin dan Mineral

Kedua zat gizi ini diperlukan tubuh si Kecil, walaupun tidak dalam jumlah besar, karena membantu makanan yang dikonsumsi bekerja dengan lebih baik dan semua sistem tubuh berfungsi dengan baik. Ada 13 vitamin yang dibutuhkan, yaitu:

  • Vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K dan 8 jenis kalsium, fosfor, dan magnesium untuk pembentukan tulang.
  • Zat besi dan tembaga untuk produksi darah
  • Zinc untuk mendorong kekebalan tubuh
  • Sodium dan potasium untuk mengatur keseimbangan air dalam tubuh.

 

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print