Previous
Next
Screenshot_2019-05-29 Roots Learning Center di Instagram Belajar calistung sejak dini Ayok - eh Hehehehe Sesungguhnya kegia[...]

TIPS Memilih Daycare

Saat ini sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata daycare, ya betul taman penitipan anak. Saat ini daycare sudah mulai menjamur di kota-kota besar seperti : Jakarta, Bandung, Bali, dll. Konsep Daycare saat ini pun sudah mulai bermacam-macam, dari taman penitipan anak saja hingga berkonsep stimulasi dan sekolah di dalamnya. Keberadaan daycare sebenarnya dapat membantu sebagian dari orangtua yang bekerja dan tidak memiliki pengasuh di rumah untuk membantunya.

Setelah saya berjalan-jalan ke beberapa daycare di Jakarta, saya ingin membagikan tips dalam memilih daycare yang penting bagi orangtua. Semoga tips ini bisa bermanfaat ya!

  1. Sebelum memilih  daycare yang baik tentunya kita harus mencari lokasi yang terjangkau dengan taman kerja/rumah kita. Hal ini dapat membantu orangtua saat akan berangkat bekerja jika lokasi daycare dekat dengan taman kerja ayah/bunda. Hal ini juga membantu dalam proses penjemputan anak saat pulang kerja nanti.
  2. Melihat fasilitas yang disediakan oleh pihak daycare dan melihat langsung /visit suasana didalamnya. Biasanya yang menjadi pertimbangan adalah kebersihan, dan fasilitas yang akan diperoleh anak nanti : ruang tidur, ruang makan, ruang bermain, kamar mandi dan kegiatan yang ditawarkan oleh daycare untuk anak.
  3. Pertimbangkan harga dan juga fasilitas yang diperoleh saat bergabung dengan daycare. Harga yang mahal belum tentu paling baik, dan begitu juga sebaliknya. Hal ini berkaitan dengan lokasi daycare, dan tenaga/caregiver yang disediakan di daycare yang akan berinteraksi seharian dengan anak. Tentunya daycare yang baik akan menyediakan tenaga kerja yang juga kompeten.
  4. Daycare adalah rumah “baru” bagi anak saat orangtua bekerja, jadi pilihlah daycare yang memiliki suasana aman, nyaman/homey untuk anak menghabiskan kesehariannya disana. Penting juga untuk memeriksa program harian yang ditawarkan. Daycare yang baik memiliki kegiatan rutin untuk menstimulasi perkembangan anak. Sesuai dengan kriteria daycare dari pemerintah bahwa taman penitipan anak membantu mengoptimalkan perkembangan anak, dan membantu membangun karakter anak.
  5. Memanfaatkan trial yang ditawarkan di daycare. Melalui kegiatan trial setidaknya ayah dan bunda bisa memiliki gambaran berkaitan dengan keseharian anak ketika berada di daycare nanti. Biasanya melalui sesi trial ini rasa percaya dari orangtua mulai terbangun dengan pihak daycare melalui respon yang anak berikan dan respon dari caregiver selama menjalani trial bersama anak.

Jika sudah bergabung dengan daycare yang menjadi pilihan, saya ingin menyampaikan hal penting bahwa rasa percaya dari orangtua kepada anak dan “rumah baru” anak sangatlah penting. Menggunakan jasa daycare membutuhkan komitmen dan kepercayaan penuh kepada pihak daycare dalam membantu merawat dan mengasuh anak kita. Sebagai orangtua kita harus kooperatif dan komunikatif sehingga terbangun rasa percaya yang juga dapat dirasakan oleh anak ketika berada di “rumah barunya” nanti.

Selamat memilih daycare !

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print