Previous
Next
Tradisi-Lebaran-1200x900

TRADISI LEBARAN DIBERBAGAI NEGARA

Selamat Lebaran ya. biasanya tradisi Lebaran di Indonesia adalah mudik, sungkeman, makan ketupat, pakai baju baru, dan masih banyak lagi ya, Loopers. Nah gimana sama warga Muslim yang merayakan Lebaran di luar negeri? Apa tradisi mereka ya? TMP punya info tentang  negara dengan tradisi perayaan Lebaran yang unik. Penasaran?

India

Di negara ini, sekitar 16% penduduknya beragama Islam. Walaupun gitu, perayaan Lebaran-nya tetap meriah kayak perayaan hari besar Hindu lho. Umat Muslim memenuhi masjid-masjid buat menunaikan sholat Ied. Nggak cuma itu, umat Muslim dibantu sama umat Hindu juga menyumbangkan uang dan barang pada orang-orang yang membutuhkan. Selain itu, pasar-pasar pun jadi rame dengan orang-orang yang berjualan makanan berwarna-warni, seperti makanan Lebaran khas India bernama seviyan yang berisi campuran bihun manis, buah kering, dan susu.

Pakistan

Perayaan Lebaran di Pakistan nggak kalah meriah. Perayaannya malah nggak dirayain sehari atau dua hari, tapi satu bulan! Nggak jauh beda sama tradisi di India, mereka juga berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan. Yang beda pasti makanannya nih, Loopers. Saat perayaan Lebaran, makanan khas yang sering dicari adalah sheer khurma yang terbuat dari campuran kurma dan susu lalu dihidangin sama mie gandum manis.

Uni Emirat Arab

Di negara ini, masyarakat ngadain pameran untuk merayakan Lebaran. Pamerannya diadain besar-besaran. Dalam pameran yang diadain selama semusim ini, kamu bisa melihat berbagai hiasan yang berbentuk bulan dan bintang. Selain itu, kamu juga bisa menonton pertunjukan hiburan seperti akrobat, badut, dan lukisan tangan (henna). Terus, para penduduknya memakai baju baru seperti gamis tradisional dengan sorban dan selendang yang disebut ogal untuk laki-laki.

Turki

Buat warga Turki, Lebaran disebut sebagai Seker Bayrami atau Festival Gula. Kok gula? Soalnya, saat hari raya Idul Fitri, mereka punya tradisi untuk mengantarkan manisan. Karena itu, setelah anak-anak sungkeman pada orang tuanya, mereka bakal dapet hadiah berupa koin, permen, atau manisan.

Tiongkok

Di Tiongkok, Lebaran juga ditetapin sebagai hari libur lho. Saat itu, para laki-laki bakal memakai pakaian khas dan kopiah putih, sedangkan para perempuan memakai baju hangat dan kerudung setengah tertutup. Terus, habis sholat Ied, umat Muslim makan-makan dan bersilahturami. Mereka juga mengunjungi makam leluhur dan berdoa buat menghormati ratusan ribu orang Muslim yang tewas selama Dinasti Qing dan Revolusi Kebudayaan.

Wah ternyata tradisi Lebaran di luar negeri nggak kalah seru sama Indonesia ya, Loopers! Mana tradisi yang paling unik menurut kamu?

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print