Previous
Next
YUK-JAGA-KESEHATAN-GIGI-BAGI-IBU-HAMIL

YUK, JAGA KESEHATAN GIGI BAGI IBU HAMIL!

Saat hamil kebanyakan calon ibu harus benar-benar mengetahui kondisi dan situasi kesehatan dalam tubuhnya. Perlunya pemahaman yang cukup juga perlu diketahui saat kehamilan salah satunya adalah mengenai gigi. Pemeriksaan rutin terhadap gigi wajib dilakukan.

Merawat kesehatan gigi pada ibu hamil sangat penting,  bahkan bisa dimulai saat sebelum hamil sebagai pencegahan. Hal ini mengingat bahwa dampak yang ditimbulkan dapat berpengaruh terhadap kehamilan, karena ba kteri penyebab penyakit dari gigi dan mulut bisa ditularkan ke bagian tubuh manusia, mungkin bisa berimbas ke jantung, otak dan bahkan janin

Kenapa harus melakukan pemeriksaan gigi? Ibu hamil biasanya mengalami morning sickness atau muntah-muntah hal ini dapat menyebabkan tingkat asam meningkat di rongga mulut. Sehingga memiliki kemungkinan untuk timbulnya gigi berlubang karies yang bisa terinfeksi oleh kuman.

Pada saat yang sama dokter gigi juga tidak bisa sembarangan dalam bertindak apalagi menentukan obat untuk ibunya yang bisa juga berpengaruh terhadap janin. Selain itu upaya seperti pencabutan atau sebagainya bisa membuat rasa ngeri pada ibu hamil akibatnya dapat terjadi kontraksi lebih awal.

Dokter gigi bersama dengan dokter kandungan harus berintegrasi, jika janinnya masih dalam kondisi lemah makan upaya dan tindakan dokter gigi tidak bisa dilakukan. Untuk itu ibu hamil perlu melakukan pencegahan apalagi sering mengalami morning sickeness.

Saran pencegahan yang bisa dilakukan dengan mudah. Ibu hamil bisa melalui tahapan membersihkan gigi seperti brushing atau menggosok gigi, jika mengalami rasa mual karena pasta gigi sebaiknya menyikat saja tanpa perlu disertai sikat gigi. Jangan lupa gunakan mouthwash dan dental floss agar lebih bersih dan kesehatan mulut terjaga.

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print