Previous
Next
6-sept-17.00-tabulapot2-1200x1200

Yuk menanam buah dalam pot!

Tau gak sih bahwa kita bisa menanam buah dalam pot? Cara ini bisa dijadikan solusi keterbatasan lahan yang dimiliki keluarga jaman now. Selain itu membiasakan anak merawat tanaman buah, tentu akan lebih menarik karena hasilnya kelak mereka bisa memakan buah yang mereka tanam.

Buah apa saja yang bisa ditanam dalam pot?

Hampir semua jenis tanaman buah bisa tumbuh dalam bentuk tabulampot. Tetapi tidak semua tabulampot bisa tumbuh dan menghasilkan buah. Karena ada jenis tanaman tertentu, meskipun bisa tumbuh dengan subur tetapi tidak bisa berbuah jika ditanam dengan cara tabulampot.

Ada beberapa jenis tanaman yang biasa dijadikan tabulampot.

  • jeruk
  • mangga
  • sawo
  • jambu air
  • jambu biji.

Menyiapkan Bibit

Bibit tanaman merupakan salah satu kunci yang sangat menentukan keberhasilan tabulampot. Ada 2 jenis bibit tanaman yang bisa digunakan, yakni bibit hasil perbanyakan vegatatif (cangkok, okulasi dan penyambungan) dan bibit hasil perbanyakan generatif (dari biji).

Untuk budidaya dengan sistem tabulampot sebaiknya menggunkan bibit dari hasil vegatatif.

Kelebihan jenis bibit ini adalah sifat tanaman yang sudah bisa dipastikan, karena akan sama dengan induknya. Sehingga keberhasilan dalam membudidayakan tanaman ini lebih besar. Selain itu proses pembibitan dengan cara vegetatif lebih mudah dan cepat berbuah.

Kekurangan dari jenis benih ini adalah akar tanaman yang tidak begitu kuat, sehingga tanaman mudah roboh.

Tingkat keberhasilan dalam membudidayakan tanaman buah dalam pot sangat dipengaruhi oleh bibit tanaman yang digunakan. gunakan bibit tanaman yang sudah bebas dari hama dan penyakit tanaman. Dianjurkan membeli bibit pada toko yang telah memiliki sertifikat dari lembaga pemerintah atau lembaga terpercaya yang lain.

 Menyiapkan Media Tanam Tabulampot

Media tanam berfungsi sebagai tempat tumbuhnya akar yang menyuplai nutrisi sekaligus menopang postur tanaman. Oleh karena itu media tanam tabulampot harus bisa menyimpan air dan memenuhi kebutuhan nutrisi pada tanaman.

Jenis media tanam tersebut mempunyai pori-pori sehingga kelembaban dan suhu lebih stabil. Kelemahannya adalah jenis media tanam seperti ini tidak mudah rusa

Menanam Bibit Tabulampot

Untuk menanam bibit ke dalam wadah tabulampot tidak bisa dilakukan sembarangan.  Langkah-langkah menanam tabulampot di bawah ini.

  1. Siapkan media tanam yang akan digunakan, kemudian ayak dan buang kerikil-kerikil yang tercampur di dalamnya. Aduk bahan-bahan media tanam dalam satu tempat sampai tercampur rata.
  2. Siapkan pot yang akan digunakan. Besarnya pot disesuaikan dengan bibit yang ditanam.
  3. Letakan pencahan genteng pada bagian dasar pot, kemudian lapisi dengan ijuk atau sabut kelapa. Setelah itu baru diisi media tanam sampai setinggi setengah pot yang digunakan.
  4. Untuk mengurangi penguapan tanaman, pangkas sebagian daun atau batang tanaman kemudian buka polybag bibit tanaman dan letakan ke dalam pot. Posisinya harus pas di tengah pot, kemudian timbun dengan media tanam sampai pangkal batang.
  5. Padatkan media tanam di sekitar tanaman, pastikan tanaman sudah ditopang dengan kuat sehingga tidak roboh. Kemudian siram dengan air untuk menjaga kelembaban tanaman.
  6. Letakan tabulampot di tempat yang teduh agar bisa beradaptasi dengan lingkungan. Siram setiap pagi atau sore setiap hari. Setelah satu minggu dari masa tanam, pindahkan tabulampot ke tempat yang terkena matahari secara langsung.

Nah, setelah mengetahui langkah-langkahnya, yuk kita coba project keluarga untuk menanam buah di dalam pot.

Sumber : caratanam.com

Share this post

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on email
Share on print